Untuk menjadi freestyler handal tentu membutuhkan kendaraan yang mumpuni untuk menunjang aksi setiap gaya.
Di lansir dari Liputan6.com, Jakarta
Dunia freestyle roda dua Tanah Air sedang naik daun. Hal itu dapat
dilihat dari berbagai event kompetisi freestyle yang terselenggara di
berbagai Kota di Indonesia.
Tidak hanya itu, para penggiat "gaya bebas" ini juga kerap ditemui di sejumlah jalanan kosong yang dijadikan tempat berlatih.
Untuk
menjadi freestyler handal tentu membutuhkan kendaraan yang mumpuni
untuk menunjang aksi setiap gaya yang diperagakan. Nah, bagi Anda yang
tertarik untuk terjun ke dunia freestyle ternyata ada beberapa bagian
pada tunggangan yang harus diubah.
Salah seorang freestyler
bernama Agus Wicaksono atau yang akrab disapa Witjax, ada beberapa
komponen standar bawaan pabrik yang kena gusur.
"Kalau untuk tipe
motor sport, penting banget untuk membuat rem belakang di atas (di
setang) seperti skutik. Letaknya di bawah tuas kopling," katanya kepada
liputan6.com baru-baru ini.
Freestyle Motor
Jadi, lanjut dia, rem belakang pakai dua kaliper. Satu
kaliper bekerja normal di kaki dan satu lagi dikontrol tangan. Ini
dibuat agar lebih mudah melakukan pengendalian.
Selain itu,
komponen lain yang diubah adalah ukuran gir belakang. Biasanya, ukuran
gir belakang jauh lebih besar dari ukuran standarnya.
"Biasanya
kita pakai gir kastem atau kita sebut gir buta. Jadi kita buat sendiri
lubangnya. Kalau di luar negeri mungkin banyak tersedia gir dengan
berbagai ukuran tapi di sini kan tidak, makanya kita buat kastem,"
jelasnya.
Freestyle Motor
Gir belakang yang dibuat lebih besar ternyata memiliki fungsi besar untuk memperagakan sejumlah gaya, terutama wheelie.
"Gir
besar ini memberikan traksi awal yang lebih baik dan saat pelan. Kita
butuhkan traksi awal besar saat akan melakukan wheelie," urainya.
Sementara
bagian lain yang mesti diganti adalah jenis ban. Biasanya ban yang
kerap digunakan untuk freetsyle memiliki kompon yang lebih lunak.
Terakhir shock depan dibuat lebih keras untuk mempermudah dalam
memperagakan gaya stoppie.
Freestyle Motor
Lalu bagaimana dengan motor jenis skutik? Witjax menyebut
dengan mengganti ban berkompon lunak, motor jenis ini dapat langsung
digunakan.
"Kalau matik kayaknya tidak perlu banyak ubahan. Standar saja sepertinya sudah bisa buat "dimainin" (freestyle)." pungkasnya.
Ubahan Mendasar untuk Motor Freestyler Pemula
Reviewed by yunusst
on
5:43 AM
Rating: 5
No comments: