Logistik WSBK Mandalika 2023 Sudah Datang di Sirkuit Mandalika

 


Sebanyak tiga kontainer logistik Word SuperBike (WSBK) sudah tiba di Sirkuit Mandalika menjelang balapan WSBK Mandalika 2023, yang digelar pada 3-5 Maret mendatang.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria menyampaikan, logistik WSBK Mandalika 2023 tersebut berasal dari Barcelona, dibawa menggunakan truk kontainer melalui jalur laut dan sampai di Pelabuhan Lembar pada Sabtu, 11 Februari 2023.

"Isi dari tiga kontainer logistik WSBK itu terkait kebutuhan balap, seperti ban dan beberapa kebutuhan lainnya," kata Priandhi Satria, kepada TIMES Indonesia, Sabtu (18/2/2023).

Priandhi menerangkan, setelah tiba di Pelabuhan Lembar, logistik WSBK tersebut kemudian dibawa menuju Sirkuit Mandalika dengan pengawalan Angkasa Pura Logistik dan dari anggota Polda NTB.

"Ketika sampai di Pelabuhan Lembar, pihak AP Logistik yang bekerjasama dengan MGPA telah mengurus dokumen-dokumennya. Setelah itu, diberangkatkan menuju Sirkuit Mandalika dengan pengawalan ketat polisi," paparnya.

“Sampai dengan saat ini logistik WSBK ini masih dalam keadaan tertutup dan tersegel di Sirkuit Mandalika,” imbuh Priandhi.

MGPA dan Angkasa Pura Logistik Kerjasama Angkut Logistik WSBK Mandalika 

Sebelumnya, pihak MGPA telah melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan PT Angkasa Pura Logistik (APLOG) untuk penerimaan kedatangan barang dan pengeluaran barang diajang WSBK Mandalika 2023. 

Hal ini karena penerimaan logistik tersebut sangat banyak terutama yang melalui jalur laut mulai dari pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Pelabuhan Perak Surabaya, hingga Pelabuhan di Bali. 

Penandatanganan perjanjian kerjasama dilakukan di Sirkuit Mandalika pada Kamis, (9/2/2023) lalu, yang dihadiri oleh kedua belah pihak dan undangan terkait. 

Priandhi Satria sebagai direktur utama MGPA mengungkapkan dengan adanya dukungan angkatan udara, laut, dan darat oleh APLOG maka ia yakin ini merusak mitra yang tepat dalam misi persiapan event WSBK. 

"Saya yakin APLOG, Bea cukai dan Sekretariat Dewan Nasional (Sekdenas) kawasan Ekonomi Khusus dapat mensukseskan kedatangan logistik WSBK Mandalika 2023," beber Priandhi Satria. 

APLOG bertanggungjawab penuh terhadap logistik mulai dari kedatangan di Pelabuhan ataupun di Bandara sampai Sirkuit Mandalika hingga kepulangan kembali.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura Logistik Danny P Thaharsyah mengungkapkan, APLOG sebagai partner official untuk mendukung pelaksanaan WSBK Mandalika 2023.

Cakupan kegiatan logistik tentunya dimulai dari penanganan barang mulai dari barang masuk hingga handling yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. 

"Race pertama WSBK Mandalika 2023 itu dimulai di Philips Island dan baru kemudian ke Mandalika. Terkait jumlah logistik masih terus bergerak dimana sementara yang masih lewat udara yang dari Australia sebanyak 120 ton," ungkapnya. 

Adapula kontainer yang sudah masuk lewat laut yang ada di Pelabuhan Tanjung Perak  dan saat ini sudah mulai dilakukan penanganan. Terdapat setidaknya 6 kontainer  dimana kontainer tersebut masih bergerak terus. 

"Penanganan logistik WSBK Mandalika 2023 yang lewat udara itu dimulai dari Bandara Lombok menuju ke Sirkuit Mandalika sedangkan yang lewat laut itu dimulai dari setiap pelabuhan. Barang tersebut sifatnya masih sebagai pendukung," imbuhnya.(*)

Logistik WSBK Mandalika 2023 Sudah Datang di Sirkuit Mandalika Logistik WSBK Mandalika 2023 Sudah Datang di Sirkuit Mandalika Reviewed by yunusst on 9:32 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.